Suka {filsafat, ngoprek dan berkomentar}

3 Light Novel Wuxiaworld Terbaik

Tidak ada komentar
Beberapa waktu ini saya mengalami setback, ya mundur selangkah untuk lari 100 langkah juga merupakan hal yang baik bukan?

Saya percaya bahwa bila kita membuka suatu cerita, kita tidak akan mengalami siksa dari pikiran kita sendiri. Kesadaran kita akan masuk ke dalam cerita itu dan kita menjadi orang ketiga yang melihat perjalanan hidup dari MC (Main Character) yang diceritakan. Pada awalnya saya suka dengan manga dan anime. Tapi dipikir-pikir lihat update-nya sangat lama.



Dalam masa setback itu saya membaca dan menonton banyak sekali cerita dan mengenali berbagai plot, sampai saya kadang merefleksikan kisah saya sendiri dalam cerita-cerita tersebut (manga dan anime). Sampai di suatu titik, saya merasa bahwa cerita dalam manga itu kurang 'deskriptif'. Walau ada gambar tapi ada yang kurang.



Manga terakhir yang saya baca adalah tentang Tales of Demons and Gods, saya merasa bahwa manga ini adalah manga yang cerdas karena menceritakan kisah tokoh utama Nie Li dalam mencapai kekayaan dan kekuatan yang lebih tinggi (dengan berbagai trick yang masuk akal dan bisa dilakukan di dunia nyata). Bagaimana trick diceritakan dengan detail dan sequensial. Jujur saya baca manga ini berulang-ulang (dulu hanya sampai chapter 130) hingga 3x. Saya tidak tahu bahwa ternyata manga ini merupakan adaptasi dari lightnovel. Begitu saya tahu kemudian saya browsing dan sampailah pada wuxiaworld.com.


Pada situs ini ada berbagai cerita light-novel fantasy yang ditranslasikan dari bahasa utama (mandarin), walau kadang translasinya kurang oke. Tapi cukup menjamin cerita yang baik dan mudah dimengerti. Seperti biasa saya kemudian browsing ke judul light novel TDG (Tales Demons and Gods). Woah! seperti nemu harta karun kemudian saya membaca hingga latest chapter oleh wuxiaworld yaitu chapter 455. Chapter 130an ternyata hanya sampai chapter 100 pada light novelnya.

Kemudian setelah itu saya menjelajah ke novel yang lain. Telusur punya telusur ketika saya browsing ke berbagai novel yang lain akhirnya saya mempunyai kesimpulan bahwa 3 judul lightnovel ini adalah yang terbaik untuk dibaca:





  1. Against The Gods, link
  2. Martial God Asura, link
  3. Tales Demons and Gods, link
Masing-masing sudah saya baca hingga latest chapter, masing-masing judul setidaknya butuh 1 minggu untuk ngebut secepat itu.

Perbedaan antara baca manga dan novel adalah tentang bagaimana artikulasinya. Novel yang saya pilih itu punya kesamaan genre yaitu MATURE. Bukan untuk konsumsi anak-anak, semuanya berbahasa inggris. Kebudayaan yang ada pada novel itu murni dari Cina, tidak ada campur-campur budaya barat. Tata krama sebagai martial artist (ahli silat) juga dijelaskan dengan baik, bagaimana cara memberikan muka, bagaimana cara mencari teman, bagaimana menjaga kehormatan dll, Bahkan untuk kategori cerita yang bisa menyaingi novel tersebut, dalam kategori kedalaman cerita, hanya the breaker. (pendapat pribadi sih).






Tidak ada komentar :

Posting Komentar